-->

iklan bawah header

Perawatan Baterai (Accu) : Cara Melakukan Pengisian Lambat dan Pengisian Cepat Baterai Kendaraan

Perawatan baterai - Baterai pada kendaraan digunakan sebagai suplai arus untuk mengoperasikan motor starter dan sistem pengapian saat mesin dihidupkan. Penggunaan baterai juga dapat digunakan sebagai penstabil untuk menyalakan lampu, radio dan aksesoris yang memerlukan listrik dalam kendaraan. Selain itu, saat kunci kontak dimatikan, baterai akan memberikan sejumlah kecil arus ke memori di komputer mesin atau komponen elektronik lain yang posisi standby.


Baterai adalah perangkat elektrokimia yang menggunakan zat kimia untuk menghasilkan listrik. Tenaga yang dihasilkan oleh baterai ini sangat terbatas. Ketika larutan kimia di dalam baterai habis, baterai akan habis atau kosong. Baterai kemudian dapat diisi menggunakan arus dari generator kendaraan atau alternator atau pengisi daya baterai. Pengisian ulang akan mengembalikan larutan kimia ke kondisi aslinya.


PERAWATAN BATERAI KENDARAAN

1. Keselamatan kerja di sekeliling baterai

  • Dalam melakukan perawatan baterai kita perlu memperhatikan kesalamatan saat akan melakukan perawatan, antara lain adalah sebagai berikut:
  • Asam sulfat dalam elektrolit sangat korosif. Asam ini bisa menyebabkan pakaian rontok. Bisa juga menyebabkan luka bakar parah jika terkena wajah. Jika mereka masuk ke mata Anda, itu mungkin juga membutakan mata Anda. Saat mengoperasikan, memeriksa atau mengisi baterai, harap kenakan kacamata pelindung.
  • Gas yang keluar dari baterai selama pengisian bersifat eksplosif. Beri ventilasi ruangan. Jangan sampai terjadi kebakaran, api atau asap di sekitar baterai yang sedang diisi atau baterai yang baru saja diisi.
  • Jangan memakai cincin, gelang, jam tangan, atau gantungan lain di sekitar baterai. Jika terkena baterai, arus yang sangat besar akan mengalir dan menyebabkan kebakaran yang serius.
  • Saat melepas baterai, lepas kabel negatif terlebih dahulu.
  • Jika penutup steker baterai memiliki lubang ventilasi, buka baterai dengan hati-hati sebelum mengisi daya.
  • Jangan mengisi daya baterai secara berlebihan
2. Perawatan baterai
Perawatan baterai meliputi: 
  • Pemerriksaan baterai secara visual. 
  • Membersihkan bagian atas baterai, terminal dan penjepit kabel. 
  • Uji baterai
  • Mengisi baterai

a. Pemeriksaan visual baterai 

Periksa baterai apakah ada tanda-tanda korosi, retak, dan kebocoran. Periksa juga alas piring, terminal, kabel dan level elektrolit.

b. Membuang korosi

Gunakan sikat kawat untuk menghilangkan kotoran akibat korosi. Lepaskan kabel terminal baterai. Gunakan tusuk gigi atau pita pelindung untuk memasukkan lubang ventilasi ke dalam penutup. Olesi dengan larutan soda kue dan air di bagian atas terminal dan permukaan baterai.

Gunakan amplas atau sikat kawat untuk menggosok terminal-terminalnya. Gunakan gemuk non-logam untuk pelapis. Hubungkan kabel terminal dan kencangkan dengan benar. Juga kenakan karet pelindung terminal. Lepaskan kembali steker atau selotip dari penutup ventilasi.

c. Merapikan dudukan baterai

Tempat baterai harus cukup kuat untuk menahan baterai pada tempatnya, tetapi tidak dengan kuat memegang kotak baterai. Keterikatan yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan / kerusakan pada kotak baterai.

d. Memeriksa level elektrolit

Periksa level elektrolit di setiap baterai. Sebagian besar baterai memiliki tanda level (celah, takik, garis, dll.). Tambahkan air untuk membuat elektrolit naik ke tanda posisi yang diizinkan. Jika tidak ada tanda horizontal, posisikan hingga mencapai jarak kurang lebih 1 cm di atas permukaan separator. Jangan mengisi terlalu banyak, karena dapat meluap di bawah tekanan ekspansi.

e. Memeriksa berat jenis

Berat jenis elektrolit dalam baterai dapat ditentukan dengan menggunakan metode pengisian. Pada suhu 27 ° C [80 ° F], berat jenis baterai yang terisi penuh berkisar antara 1.210-1.225 (1.210-1.225 kali setara dengan air murni). 


Saat menggunakan baterai, asam sulfat digabungkan dengan pelat. Ini akan mengurangi persentase asam dalam elektrolit. Dalam kasus di mana asam sulfat lebih berat daripada air, mengurangi jumlah asam akan mengurangi kepadatan elektrolit. Massa jenis sampel diukur dengan menggunakan hidrometer, yaitu alat untuk memperkirakan nilai muatan.

f. Mengukur berat jenis dengan menggunakan hydrometer

Jika baterai telah disetrum, silakan nyalakan mesin dalam beberapa detik untuk mengurangi "muatan permukaan" (elektrolit pada permukaan baterai, terkadang muatan sisa sangat tinggi). Jangan menambahkan air sebelum memeriksa berat jenis. Jika level elektrolit terlalu rendah dan hidrometer tidak dapat mengeluarkan cairan dari baterai, harap tambahkan air sebelum menambahkannya ke baterai, atau periksa setelah menggunakan kendaraan dalam jangka waktu tertentu. 

Letakkan hidrometer dalam posisi vertikal dan serap cukup elektrolit untuk mengapung pelampung. Tekan elektrolit hingga keluar dari tabung hidrometer (posisi nosel masih dalam lubang), kemudian ulangi beberapa kali agar suhu pelampung sama dengan fase cair elektrolit. Pelampung tidak akan menyentuh bagian atas dan bawah esofagus pelampung. Sebelum membaca, singkirkan gelembung udara di permukaan dan debu di bagian bawah.

Untuk berat jenis yang tertinggi, pelampung tersebut akan jauh di atas elektrolit. Tempatkan hydrometer pada posisi yang lurus dengan mata dan catat tulisan skalanya pada titik yang eksak di mana pelampung tersebut berada pada elektrolit. Nilali ini akan dikoreksi dalam hubungannya dengan temperature test standar 27° C [80°F].


CARA MENGISI BATERAI

Jika menggunakan hidrometer dalam memeriksa baterai kurang dari 75% (berat jenis elektrolit adalah 1.150-1.180), maka baterai harus disetrum dalam kasus ini. Usahakan untuk mencari tahu penyebab isi baterai tidak mencukupi (misalnya setting regulator tidak berfungsi, alternator rusak, baterai rusak, dll).

Baterai dalam kondisi baik dapat terisi penuh (electrodeath) dengan melewatkan banyak arus searah (DC) ke baterai dengan arah berlawanan dengan gerakan normal. Elektronisasi dapat dilakukan dengan sengatan listrik cepat atau lambat.

1. Menyetrum lambat

Catu daya pengisian lambat dicapai dengan memasok arus yang relatif kecil (5-7 amp) ke baterai dan jangka waktu (14-16 jam atau lebih lama). 

Jika waktu memungkinkan, pengisian lambat lebih baik daripada pengisian cepat. Dalam keadaan sel baterai tidak diketahui, penyetruman lambat akan meminimalkan resiko kemungkinan kerusakan dibandingkan dengan penyetruman cepat. Sulfat berat (bahan plat aktif yang berubah menjadi sulfat timbal dan kembali menjadi keras yang pada dasarnya diperlukan agar tahan terhadap reaksi kimia selama baterai tersebut bekerja) baterai akan memanas dengan cepat apabila dilakukan penyetruman cepat dibandingkan penyetruman lambat.

Untuk melakukan penyetruman dengan pendekatan yang baik, anda dapat menentukan sebesar 7 persen dari nilai kapasitas amper jam baterai. Apabila anda tidak mengetahui dengan persis nilai kapasitas amper jam tersebut, dilakukan dengan penyetruman sekira 5 amper. 

  • Bersihkan baterai dan isilah air baterai sesuai dengan level yang diizinkan. 
  • Pasang kembali tutup sel baterai (jika menggunakan). 
  • Jika aki masih di dudukan mobil, cabut kabelnya untuk mencegah kerusakan transistor pada radio atau sistem pengapian, apalagi jika terjadi kesalahan saat memotong kabel.
  • Hubungkan jepitan positif penyetrum ke terminal positif baterai – colokan negative ke terminal negatif. Jika lebih dari satu baterai yang akan disetrum, hubungkan baterai tersebut secara seri (terminal positif ke terminal negatif, baterai dengan tegangan — volt dan 12 volt dapat disetrum pada saat yang bersamaan. 
  • Aturlah besarnya penyetruman sesuai dengan nilai amper jam baterai yang paling rendah dari kelompok tersebut. Saklarkan pada posisi 6 atau 12 volt sesuai kebutuhan. Baterai biasanya akan terisi penuh dalam waktu 12 – 16 jam. 
  • Tinggalkan baterai pada alat penyetrum hingga berat jenis cairan menunjukan pada muatan penuh atau sampai berat jenis berhenti untuk naik dan tidak bisa meningkat lagi selama tiga kali pengukuran secara berurutan dalam rentang satu jam. 
  • Periksalah temperatur baterai selama penyetruman, dan turunkan nilai penyetruman jika melebihi 52°C [125°F]. Temperatur yang melebihi 52°C dapat mengakibatkan kerusakan yang serius pada baterai tersebut. 
  • Lepaskan baterai jika sudah terisi penuh. Pengisian yang berlebihan akan membahayakan baterai tersebut.

2. Pengisian cepat

Catu daya cepat membutuhkan arus yang relatif besar (50-60 Ampere (baterai 12 volt), baterai tersebut akan menghasilkan muatan yang baik dalam waktu yang singkat (satu hingga dua jam).

  • Siapkan baterai sebagaimana kita akan melakukan penyetruman lambat. 
  • Lepaskan kabel-kabel baterai. Pasanglah jepitan colokan positif penyetrum ke terminal positif baterai – jepitan negatif ke terminal negatif. 
  • Setel pengatur arus sesuai dengan yang ditentukan. Saklarkan tegangan 6 atau 12 volt sesuai kebutuhan. 
  • Putarlah alat penyetrum pada posisi ON. 
  • Jika level elektrolit terlalu tinggi (pemuaian akan terjadi selama penyetruman cepat), pindahkan pada gelas bening dan kembalikan lagi setelah baterai tersebut kembali menjadi dingin (hal ini tidak diperlukan untuk jenis baterai bebas perawatan).
  • Sesaat baterai mulai dihubungkan ke alat penyetrum, arus pada penyetrum secara otomatis akan menurun (jika menggunakan jenis potensial konstan). Pengisian cepat tidak akan mengisi penuh baterai. Jika baterai sudah terisi tiga perempat, lakukan pengisian lambat untuk mengisi penuh baterai. 
  • Periksa suhu baterai, jika melebihi 52 ° C [125 ° F], kurangi nilai pengisian. 
  • Jika kepadatan tidak meningkat secara signifikan dalam satu jam, terapkan metode stabilisasi lambat. Jika beberapa baterai perlu disetrum dengan power-on cepat, hubungkan baterai secara paralel. Jangan gabungkan baterai 6 volt dan baterai 12 volt dalam satu rangkaian.



0 Response to "Perawatan Baterai (Accu) : Cara Melakukan Pengisian Lambat dan Pengisian Cepat Baterai Kendaraan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel