-->

iklan bawah header

Pengertian dan Cara Kerja Defogger Mobil Agar Saat Hujan Tidak Ada Embun di Kaca

Fungsi defooger - Jarak pandang biasanya terganggu saat berkendara di musim hujan karena perbedaan suhu di luar dan di dalam mobil yang dapat menyebabkan kaca mengembun. Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat komponen tambahan pada kendaraan yang bernama defogger. 

Defogger adalah komponen pada kendaraan mobil yang berfungsi sebagai penghangat pada kaca dengan fitur yang berguna untuk menjaga visibilitas yang jelas saat mengemudi. Kerja dari defogger dapat menghalangi proses terjadinya embun pada kaca baik depan maupun belakang. Untuk kaca depan biasanya defogger memanfaatkan embusan AC lewat kisi-kisi di dasbord. Sedangkan defogger kaca belakang menggunakan elemen pemanas dari tembaga yang biasa menempel di balik kaca film. Pada garis-garis berwarna oranye itu bakal dialiri listrik dan menghasilkan panas, sehingga menangkal proses terjadinya embun.


FUNGSI DEFOGGER

Hal ini dapat dilihat dari pengertian diatas bahwa defogger pada mobil dapat membantu mencegah pengembunan pada kaca. Fungsi ini akan sangat penting dan berguna pada saat cuaca sedang dingin atau di musim penghujan saat ini. Dengan defogger, visibilatas pengemudi akan maksimal, yang membantu mengurangi risiko kecelakaan walau saat hujan. Oleh karena itu, defogger dapat dikatakan sebagai komponen kendaraan untuk meningkatkan keselamatan berkendara, terutama pada saat berkendara di musim hujan atau musim dingin.


TIPE DEFOGGER PADA MOBIL

Biasanya ada dua tipe defogger pada mobil. Satu terhubung ke sistem pendingin /AC (primary) dan yang lainnya terhubung langsung ke kaca belakang (secondary) dengan menggunakan pemanas dari tembaga untuk mencegah atau menghilangkan kondensasi pada kaca belakang. Dari kedua tipe bekerja dengan cara yang persis sama.

1. Defogger Tipe Primary

Udara bersih yang masuk ke AC akan dilepaskan menjadi udara dingin sesuai kontrol dari pengatur AC. Sebagian dari udara dingin yang keluar dari AC akan dialirkan melewati heater, kemudian heater itu sendiri telah dialirkan air panas dari sistem pendingin mobil. 

Setelah udara dingin dari AC melewati heater, maka suhu akan naik (hangat). Kemudian, lepaskan suhu hangat ini melalui lubang ventilasi kecil di bagian bawah sisi kaca. Udara hangat ini dapat mencegah pengembunan pada kaca, defogger primary ini digunakan pada mobil yang sudah menggunakan sistem pendingin AC dan biasanya jenis ini hanya digunakan untuk memanaskan kaca depan.


2. Defogger Tipe Secondary

Berbeda dengan defogger tipe primery, arus pada defogger tipe secundery sangat kecil. Kaca akan ditutupi oleh kabel tembaga secara melintang pada kaca. Komponen ini bekerja dengan meneruskan arus dari catu daya dari sakelar defogger, dan posisi terbuka akan menyebabkan arus mengalir ke elemen pemasang yang terhubung ke kaca. posisi saklar ON akan mengalirkan arus ke element pemanas yang menempel pada kaca. Jenis defogger secondary ini bisanya digunakan untuk kaca pada bagian belakang mobil.


Demikian penjelasan singkat tentang defogger. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan servis berkala pada kendaraan kesayangan Anda agar selalu siap diajak beraktivitas.

0 Response to "Pengertian dan Cara Kerja Defogger Mobil Agar Saat Hujan Tidak Ada Embun di Kaca "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel