-->

iklan bawah header

Macam-Macam Obeng dan Fungsinya Lengkap dalam Peralatan Bengkel

Hand tools – Sering kita dengar istilah hand tools dalam dunia teknik salah satunya adalah pada bidang otomotif di pekerjaan yang banyak melibatkan alat bantu tersebut. Fungsi dari special tools atau alat bantu dalam dunia otomotif adalah digunakan dalam meringankan perkerjaan bengkel. Dikenal dengan beberapa jenis peralatan yang berfungsi dalam merawat kendaraan, mulai dari power tools, special service tools, hingga yang paling banyak digunakan, hand tools. 

Apa yang dimaksud dengan hand tool ini? Sesuai namanya, peralatan yang disebut hand tool berarti dioperasikan dengan tenaga tangan manusia. Banyak alat yang ditemukan pada bengkel otomotif yang termasuk dalam jenis hand tools, salah satunya adalah obeng. Obeng merupakan alat bantu yang dioperasikan berfungsi membuka atau mengencangkan suatu komponen baut atau sekrup yang paling umum dimiliki kebnayakan orang. Berikut ini merupakan berbagai jenis macam obeng yang digunakan dan dikategorikan hand tools. 


PENGERTIAN OBENG

Obeng adalah perkakas yang umum dimiliki banyak orang dan tersedia hampir disetiap bidang pekerjaan, fungsi utama dari alat ini adalah untuk mengencangkan atau melonggarkan baut atau sekrup. Obeng digunakan untuk berbagai macam bidang perkakas, baik pertukangan, elektronik, otomotif ataupun aksesoris.

Secara umum kebanyakan orang mengenal hanya ada dua jenis obeng yaitu obeng plus (philips screwdriver) dan obeng minus (slotte screwdriver). Meskipun faktanya, jenis obeng bukan hanya bentuk plus atau minus karena masih banyak obeng yang dirancang untuk beragam kebutuhan. 


MACAM-MACAM OBENG

Berikut ini adalah macam-macam jenis obeng (screwdriver) dan fungsinya: 

1. Obeng Pipih / Obeng Min (Philips Screwdriver) 

Memiliki ciri-ciri fisik dari mata obeng yang berbentuk pipih, jenis obeng ini biasa juga disebut juga dengan obeng mines (-). Jenis obeng ini berfungsi untuk mengencangkan baut atau sekrup yang ujung kepalanya berbentuk minus. Fungsi lainnya dalam bengkel adalah obeng ini juga dapat dipakai untuk mengungkit atau mencongkel sesuatu. 

2. Obeng Plus / Obeng Kembang (Slotte Screwdriver)

Obeng plus atau obeng kembang atau obeng bintang memiliki bentuk mata sekrup seperti tanda plus (+) atau tanda silang. Obeng ini memiliki fungsi untuk mengencangkan dan melonggarkan baut atau sekrup yang memiliki kepala berbentuk plus. 

Pada obeng kembang memiliki banyak ukuran mulai dari terkecil hingga besar. Sebelum menggunakan obeng ini, pastikan dahulu ukuran obeng dengan bautnya sesuai agar dapat digunakan. Oleh karena itu, obeng kembang yang digunakan harus disesuaikan dengan ukuran baut atau sekrup. 


3. Obeng Fleksibel 

Obeng fleksibel memiliki bentuk seperti pulpen dan memiliki mata sekrup yang dapat dibolak-balik. Pada bagian mata sekrup di salah satu sisi berbentuk pipih dan sisi lainnya berbentuk silang. 

Kelebihan dari obeng fleksibel adalah bentuknya yang sederhana, sehingga dapat membawan kemana saja dengan mudah. Selain itu, dengan mata sekrup yang dapat dibolak-balik, hanya perlu menggunakan satu obeng untuk dua baut yang berbeda. 

Sedangkan untuk kekurangan dari obeng fleksibel adalah lemah pada bagian penjepitnya yang mudah aus. Hal ini membuat mata sekrupnya sering kali lepas tanpa sengaja.


4. Obeng Ratchet

Obeng rachet adalah jenis obeng yang bentuknya mirip dengan pistol. Pada mata sekrup yang dimiliki oleh obeng ratchet cukup bervariasi, seperti mata baut berbentuk pipih, silang, dan sok. 

Kelebihan dari obeng ratchet adalah pengaturan serta pemasangan mata sekrup secara satu arah cukup mudah untuk dilakukan. Sedangkan untuk kekurangan obeng jenis ini adalah bagian penyetelannya yang cepat aus.


5. Obeng Elektrik 

Obeng jenis ini memiliki bentuk seperti pistol dan prinsip mirip dengan obeng ratchet dengan perbedaan pada obeng elektrik memiliki baterai sehingga dapat memutar baut secara otomatis. 

Baterai obeng ini dapat diisi ulang apabila obeng telah lemah dalam memutar. Obeng elektrik terdapat dua mata sekrup yang bisa dilepas dan dipasang dengan mudah. Pada bentuk mata sekrupnya adalah pipih dan silang. 

Kelebihan dari obeng ini sangat efisien dan cara penggunaannya sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan tenaga saat memakainya karena hanya perlu menekan tombol power untuk mengoperasikan


6. Obeng Gagang Stabil 

Bentuk obeng gagang stabil menyerupai huruf T dengan tiga jenis mata sekrup, yakni pipih, silang, dan sok. 

Pada obeng gagang stabil berfungsi untuk memudahkan penggunanya karena memiliki pegangan yang kokoh dan stabil. Kelebihan dari obeng gagang stabil tidak memiliki masalah mata sekrup yang mudah lepas seperti obeng fleksibel. Namun, kelemahan pada pegangan obeng ini mudah pecah jika digunakan terlalu keras. Konstruksi dari gagang obeng jenis ini terbuat dari bahan plastik dan badannya dari besi lapis chrome vanadium.


7. Obeng Bermagnet 

Obeng bermagnet terdapat magnet yang berfungsi  menarik sekrup yang jauh atau terjatuh dan agar menempel saat proses pemasangan. 

Pada obeng bermagnet memiliki dua bentuk, panjang dan pendek. Obeng magnet yang berbentuk panjang biasanya memiliki gagang karet bertekstur sehingga tidak mudah lepas dari tangan. Sedangkan, jenis obeng bermagnet berbentuk kecil biasanya digunakan untuk meraih objek yang tidak dapat dijangkau oleh tangan.


8. Obeng Tespen 

Penggunaan dari jenis obeng tespen sering digunakan dalam proses perbaikan listrik. Obeng tespen memiliki ujung yang berbentuk seperti obeng minus dengan memiliki fungsi tambahan yakni dapat menyala jika disentuhkan pada benda yang beraliran listrik.

Sehingga dapat mengetahui bahwa terdapat arus pada aliran atau tidak dengan mudah menggunakan alat obeng tespen.


9. Obeng Sok

Pada obeng jenis ini memiliki ujung sekrup berbentuk bulat atau persegi. Biasanya, obeng jenis ini digunakan untuk membuka baut keras yang berbentuk bulat pada blok mesin atau kolter. 


10. Obeng Ketok 

Fungsi dari obeng ketok adalah untuk melepas atau mengencangkan sekrup dengan kekencangan maksimal. Penggunaan dari obeng ketok atau impact driver digunakan dengan cara memutar full kearah pengencangan atau pengendoran, lalu obeng tetap ditahan dan gagangnya dipukul dengan palu.


11. Obeng Aksesori 

Obeng aksesori adalah perkakas yang dibuat untuk memutar sekrup pada peralatan aksesoris, seperti telepon genggam, jam tangan, dan sebagainya. 

Pada obeng jenis ini memiliki banyak mata sekrup dengan berbagai bentuk, seperti bentuk minus dan silang. Konstruksi dari gagang obeng aksesoris terbuat dari plastik, sehingga mudah retak jika digunakan pada objek yang keras.



Demikian pembahasan kali ini mengenai macam-macam jenis dari obeng beserta dengan fungsinya. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!

0 Response to "Macam-Macam Obeng dan Fungsinya Lengkap dalam Peralatan Bengkel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel