-->

iklan bawah header

Pengertian dan Cara Kerja Lane Departure Warning System (LDWS) pada Mobil

Lane Departure Warning System - Seperti yang kita tahu bahwa kondisi jalan saat ini semakin ramai. Jika mobil melaju dan melenceng di jalurnya akan sangat berbahaya bagi pengendara itu sendiri maupun pengendara lain. 

Perkembangan teknologi otomotif pada bidang keselamatan yang semakin meningkat dan semakin kompleks menghasilkan fitur-fitur canggih yang efektif menambah tingkat keamanan berkendara pada mobil saat ini. Pabrikan mobil terus berlomba-lomba dalam mencipatkan inovasi yang menjadi nilai tambah daripada produk saingannya.

Salah satu fitur keselamatan yang sekarang sudah diaplikasikan di mobil yang beredar saat ini adalah Lane Departure Warning dan Lane Keeping Assist System. Namun, pada beberapa mobil fitur yang disediakan hanya salah satunya saja, berbeda pada mobil mewah biasanya disediakan sebagai kombinasi yang menjalankan fitur keselamatan secara bersama. 

Lalu apa pengertian dan fungsi kedua fitur tersebut? Untuk pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai Lane Departure Warning System (LDWS).


PENGERTIAN LANE DEPARTURE WARNING

Lane Departure Warning System adalah satu dari sekian banyak fitur-fitur canggih penunjang keselamatan yang terdapat pada mobil keluaran baru saat ini. Dari artinya sendiri Lane Departure Warning berarti "Peringatan Keluar Jalur“, yaitu fitur yang akan memberi peringatan bagi pengemudi apabila mobil akan keluar dari jalur seharusnya yang tanpa disengaja oleh pengemudi. Untuk peringatan bisa berupa suara alarm dalam kabin, atau secara visual di layar dashboard. 

Kegunaan dari fitur ini untuk mengingatkan pengemudi yang lalai dalam menjaga arah mobilnya yang daat berpotensi menimbulkan kecelakaan. Biasanya pengemudi yang kelelahan dan mengantuk sehingga teralihkan konsentrasinya dari jalan. Bahkan kelalaian lain yang juga dapat membahayakan, seperti mengoperasikan head unit sambil mengemudi atau melihat reklame iklan di pinggir jalan. 

Pada penempatan sensor Lane Departure Warning System pada umumnya berada di bagian kaca spion, baik samping maupun tengah, dan berbentuk seperti radar. 


CARA KERJA LANE DEPARTURE WARNING

Cara kerja dari Lane Departure Warning System adalah dengan sensor yang biasanya diletakkan pada bagian kaca tengah depan atau bagian depan mobil, dan pada kaca spion. Bentuk peringatan apabila Lane Departure Warning bekerja berupa lampu yang bisa berkedip-kedip atau indikator pada layar di dashboard saat sensor menangkap kondisi mobil yang akan keluar dari jalur tanpa disengaja atau ada kendaraan lain dari belakang saat kita akan berpindah jalur. 

Sehingga untuk kerjanya fitur Lane Departure Warning akan secara terus-menerus selama perjalanan apabila fitur ini diaktifkan, maka radar mengeluarkan signal ke kondisi jalan baik ke depan maupun belakang mobil dalam menangkap visual jalur mobil melalui garis marka pada jalan atau kendaraan lain di sekitar mobil tersebut. Fitur Lane Departure Warning akan berfungsi dengan baik apabila marka jalan yang tanda alur jalannya jelas. 

Kemudian apabila sensor menangkap kondisi mobil yang akan keluar jalur tanpa disengaja atau berpindah tanpa menghidupkan lampu sein, atau jika pengemudi akan berpindah jalur, tiba-tiba ada mobil lain dengan kecepatan tinggi akan mendahului maka sistem akan membuat sebuah peringatan baik lampu di kaca spion atau bunyi di dalam kabin atau pada layar di dashboard. 

Perlu menjadi catatan bahwa Fitur Lane Departure Warning hanya bersifat memberi peringatan saja pada pengemudi. Sedangkan tindakan untuk penyelamatan apabila terjadi hal tersebut maka sepenuhnya menjadi tanggungjawab dari pengemudi.


Demikian pembahasan kali ini mengenai Lane Departure Warning yang merupakan fitur canggih yang dapat kita jumpai pada mobil era sekarang dari pengertian hingga cara kerja pada mobil. Semoga dapat beramfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!

0 Response to "Pengertian dan Cara Kerja Lane Departure Warning System (LDWS) pada Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel