-->

iklan bawah header

Cara Mematikan Lampu ABS pada Mobil - Penyebab dan Perbaikan

Indikator ABS menyala - Sistem rem anti terkunci atau dalam bahasa otomotif bernama Anti-Lock Braking System (ABS) merupakan sistem pengereman pada mobil agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak/keras. 

Dengan perkembangan teknologi dalam dunia otomotif membawa dampak positif dari sisi fitur keselamatan terutama hadirnya sistem rem ABS ini pada mobil. Hampir seluruh mobil yang diproduksi saat ini menggunakan fitur rem ABS. 


Penggunaan teknologi ABS sangat berguna untuk menjaga sistem pengereman agar tidak terkunci saat mengerem secara mendadak. Apabila tanpa ABS tentunya akan membuat ban terkunci, maka mobil bisa kehilangan kendali. Hal ini  lah yang dihindari berkat rem ABS. Sehingga ABS dapat dikatakan sebagai fitur pengaman dan kenyamanan pada mobil. 

Ketika mobil memiliki fitur rem ABS, terdapat lampu indikator di dashboar yang akan menyala sesaat apabila kunci kontak ON. Akan tetapi ada masalah yang dapat muncul ketika lampu ABS menyala tidak mau mati pada indikator. Lalu bagaimana cara mengatasi mematikan lampu ABS pada mobil jika menyala terus menerus? 

Karena ketika rem ABS bekerja, maka lampu khusus yang ada di panel indikator akan menyala. Akan tetapi ketika lampu indikator ABS yang menyala secara terus menerus, maka bisa saja ada masalah lain. Artikel berikut ini akan mengulas cara mengatasi indikator ABS yang menyala. 


PENYEBAB LAMPU ABS MENYALA

Terdapat beberapa penyebab lampu ABS menyala secara terus menerus, antara lain: 

  • Volume minyak rem mobil berkurang atau rendah. 
  • Masalah pada unit kontrol. 
  • Sesnsor kecepatan (Speed sensor) bermasalah. 
  • Masalah kabel di dalam sistem. 
  • Kerusakan atau kegagalan dalam pemompaan. 
  • Kerusakan pada bagian solenoid
Setelah mengetahui penyebab permasalahan lampu ABS menyala. Sudah sewajarnya lampu indikator menyala ketika sistem ini bekerja. Jika sudah menyala terus menerus padahal sedang tidak menginjak pedal rem atau bahkan saat mobil baru dinyalakan akan tetapi masih terus menyala, berarti memang ada masalah lain yang perlu diperiksa dan perbaiki.
 

CARA MEMATIKAN LAMPU ABS PADA MOBIL 

Sekarang Anda perlu tahu cara mematikan lampu ABS pada mobil yang menyala secara terus menerus. Memang bisa saja masalah di atas muncul karena beberapa masalah. 

1. Cek Sensor Lampu ABS 

Mengecek bagian sensor lampu sistem ABS. Untuk letak dari sensor ABS ada pada bagian roda dari mobil. Dengan mengecek kabel yang dekat dengan roda depan apakah kabel tersebut memiliki permukaan yang rusak atau tidak. Karena dalam kerja sensor juga mendeteksi ketika brake pads sudah mulai tipis. Sehingga permukaan dari minyak rem akan turun, secara otomatis hal inilah yang membuat lampu ABS akan menjadi menyala. Apabila sudah tipis brake pads segera ganti dan cek minyak rem apakah masih sesuai batas minimal tidak.

2. Bersihkan Throttle Body 

Langakah ini dengan membuka selang pada saluran udara yang menuju ke bagian mesin mobil. Berikanlah semprotan pembersih khusus throttle body. Akibat dari penyemprotan ini adalah mesin menjadi tersendat-sendat kemudian normal kembali. 

Jika mesin sudah normal, maka aliran udara yang terdapat di dalam throttle body menjadi bersih. 

3. Membawa ke Bengkel Resmi 

Apabila lampu indikator ABS tetap menyala. Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah membawa mobil ke bengkel resmi untuk dilakukannya perawatan dan perbaikan agar kembali optimal pada mobil Anda. Dengan adanya teknisi yang handal dan berpengalaman tentunya masalah lampu ABS yang terus menerus menyala pastinya bisa diatasi dengan mudah.


Demikian pembahasan kali ini mengenai cara mematikan indikator lampu ABS yang menyala. Semoga dapat bermanfaat.

Salam Teknika!

0 Response to "Cara Mematikan Lampu ABS pada Mobil - Penyebab dan Perbaikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel